Home > Pengetahuan Umum > Definisi Kebugaran Jasmani

Definisi Kebugaran Jasmani

Cholik dan Maksum (2007:51) menjelaskan kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelahan yang berarti. Hal ini hampir sama dengan pengertian kebugaran jasmani yang dikemukakan oleh Sudarno (1992:9) bahwa kebugaran jasmani adalah suatu keadaan saat tubuh mampu menunaikan tugas hariannya dengan baik dan efisien tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dan tubuh masih memiliki cadangan tenaga baik untuk mengatasi cadangan mendadak maupun yang darurat.
Pengertian kebugaran jasmani menurut Prof. Sutarman adalah suatu aspek, yaitu aspek fisik dan kebugaran yang menyeluruh (total fitness) yang member kesanggupan kepada seseorang untuk menjalankan hidup yang produktif dan dapat menyesuaikan diri pada tiap pembebanan fisik (physical stress) yang layak. Sedangkan Prof. Soedjatmo Soemowardoyo menyatakan bahwa kesegaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat tubuhnya dalam batas fisologi terhadap lingkungan (ketinggian, kelembapan suhu, dan sebagainya) dan atau kerja fisik dengan yang cukup efisien tanpa lelah secara berlebihan. Secara umum pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menjalankan pekerjaan sehari hari dengan ringan dan mudah tanpa merasakan kelelahan yang berarti dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.
Categories: Pengetahuan Umum
  1. Rafa
    December 17, 2011 at 8:40 pm

    thanks infonya gan

  2. February 21, 2012 at 7:05 pm

    sebagai manusia harus mempunya daya tahan tubuh yang bagus untuk melakukan aktifitasnya, dengan melatih kebugaran jasmani.
    seseorang mengatakan ”di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”.
    🙂

  3. August 5, 2012 at 1:18 pm

    Trimahkasih infonya Gen !!!

  4. April 16, 2013 at 8:13 pm

    maksud dari
    ” hasil kerja akan semakin produktif apabila kebugaran jasmani seorang kian meningkat”

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment