Home > Sejarah > Sejarah Dinasti Han

Sejarah Dinasti Han

Dinasti Han (Han Zhao) adalah dinasti yg memimpin di cina sejak thn 202 SM-220 M. Dinasti ini adalah pengganti dinasti Qin yang sebelumnya berkuasa di cina.

Dinasti Han di bagi dalam dua jaman yaitu Han Barat (Xi Han) yang berkuasa dari tahun 206 SM- 9 M dan beribukota di Chang An lalu setelah itu ada Han Timur (Dong Han) yang berkuasa dari thn 25 M- 220 M dan beribukota di Luo Yang. Diantara kedua jaman itu ada satu dinasti kecil disebut dinasti Xin yang dipimpin oleh Wang Mang.

Jaman Dinasti Han, Ilmu pengetahuan dan kemakmuran meningkat dengan pesat di cina. Dinasti ini menghasilkan ahli sejarah paling terkenal dalam sejarah cina yaitu Sima Qian yang menghasilkan Catatan Sejarah Besar. yang mencatat kronologi jaman dari Kaisar Xia sampai jaman kaisar Wu. Penemuan besar yang terjadi pada jaman Dinasti Han adalah ditemukannya kertas dan porselen.

Pada saat ini didunia hanya ada 2 kekuatan besar, yaitu Han Di Timur dan Romawi di barat.

Menurut Catatan sejarah karena kesulitan medan dan bahaya yang menghadang, hanya ada satu rombongan yang dikirim oleh kaisar Antonius Pius dari Romawi yang mencapai ibu kota Luo Yang di Cina dan di terima oleh Kaisar Huan sekitar thn 166 M.

Karena adanya perjalanan ini maka Dinasti Han juga menjadi yang pertama membuka jalur perdagangan antara barat dengan timur melalui “JALUR SUTERA”. Awalnya Kaisar Wu Mengirim Zhang Qian 2 kali sebagai wakilnya ke daerah barat dan dia mencari jalan melalui Xin Jian dan asia tengah lalu mengikuti pantai dan sampai di Mediterania. Dia membawa barang2x berupa sutra cina dan porselen dan ditukarkan dengan gading Afrika dan kayu cendana dari Romawi. Sebuah catatan mengisahkan bahwa kaisar ingin memiliki Istana terbuat dari batu marmer seperti di romawi bukannya gedung kayu yang sekarang berada. tetapi karena rute dan perjalanan cukup jauh maka hal ini tidak mungkin dilakukan.

Seperti telah di ceritakan sebelumnya pendiri dinastri Han adalah Liu Bang dan setelah 12 generasi ditengah2x terjadi pemberontakan oleh Wang Man yang mendirikan dinasti Xin. Lalu setelah 16 thn masa pemerintahannya yang idealistik. Liu Xiu seorang keturunan Liu Bang memberontak dan mengembalikan Dinasti Han. Pada thn 105 M, seorang pejabat dan penemu bernama Cai Lun menemukan cara membuat kertas yang baik. Penemuan ini dianggap sebagai sebuah terobosan besar dalam komunikasi dan pembelajaran. Ini salah satu hal kenapa iptek di Cina sangat cepat majunya, sedangkan di Romawi media tulisan masih menggunakan batu ataupun daun pohon Papyrus serta kulit2x binatang.

Malang tak dapat ditolak, akhirnya Dinasti Han jatuh dalam kekacauan pada thn 181 M yang ditandai dengan pemberontakan dimana-mana. Pemberontakan yang paling terkenal adalah pemberontakan jubah kuning yang terjadi kebanyakan di daerah utara cina, tempat utama pertanian di cina. Karena banyak yang ikut berperang maka sawah tidak terurus dan hal ini menyebabkan banyak penduduk kelaparan, bahkan kanibalisme terjadi lagi dijaman ini. Penderitaan penduduk diperparah lagi oleh tidak adanya hukum karena kekuasaan kaisar sudah sangat jatuhnya. Lalu akhirnya muncul beberapa tuan tanah yang kuat yang menguasai jalannya pemerintahan dan berhasil mengamankan negara. Tetapi perang tetap saja berlanjut, sampai akhirnya Cao Pi anak dari perdana menteri Han, cao2x memaksa kaisar Xian turun tahta dan digantikan olehnya pada thn 220. Saat ini dikenal dengan jaman 3 kerajaan.

Pada thn 311 M sekitar 100 thn setelah kejatuhan dinasti Han. Luo Yang diserang bangsa dari utara. Mereka mengambil semua hal yang bisa dijarah dan membakar sisanya. Dengan hancurnya kota Luo Yang maka hilanglah sudah istana2x dinasti Han yang terakhir.

Kaisar2x dinasti Han :

Liu Bang (Han Gao Ti)
Liu Ying (Han Hui Ti)
Lu Zhi (Lu Taihou)—> Yang ini Cw
Liu Gong (Han Shao Ti)
Liu Hong (–)
Liu Heng (Han Wen Ti)
Liu Qi (Han Jing Ti)
Liu Che (Han Wu Ti)==>Jaman keemasan dinasti Han dan kaisar yang memerintah paling lama.
Liu Fuling (Han Zhao Ti)
Liu He (Chang Yi Wang)
Liu Xun ( Han Xuan Ti)–>Dikenal juga dgn nama Liu Bing Yi.
Liu Shi (Han Yuan Ti)
Liu Ao (Han Cheng Ti)
Liu Xin (Han Ai Ti)
Liu Kan (Han Ping Ti)
Liu Ying (Han Ru Zi)

Wang Mang mendirikan dinasti Xin. Liu Xuan yang harusnya berkuasa di berikan gelar GengShi dan dijadikan pangeran Han.

Liu Xiu (Han Guan Wu Ti)
Liu Zhuang (Han Ming Ti)
Liu Da (Han Zhang Ti)
Liu Zhao (Han He Ti)
Liu Long (Han Shang Ti)
Liu Hu (Han An Ti)
Liu Yi (Han Shao Ti)==> Bukan anak dari Liu Hu dia adalah saudaranya yang bergelar Pei Xiang Hou.
Liu Bao (Han Shun Ti)
Liu Bing (Han Chong Ti)
Liu Zuan (Han Zhi Ti)
Liu Zhi (Han Huan Ti)==> Jaman kekacauan dimulai dr sini, dia terlalu mempercayai kasim.
Liu Hong (Han Ling Ti)==> Pemberontakan jubah kuning dimulai dijaman dia.
Liu Bian ( Hong Nong Wang)==>Kaisar yang terpendek memerintah dalam sejarah dinasti Han dan no 3 dalam sejarah cina. Hanya 1/2 thn saja.
Liu Xie (Han Xian Ti)===> Kaisar terakhir dinasti Han.

Categories: Sejarah
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: