Home > Sejarah > Sejarah Bulutangkis/Badminton

Sejarah Bulutangkis/Badminton

Sejarah perkembangan bulutangkis modern adalah sangat panjang dan rumit. Berikut adalah penjelasan singkat tentang sejarah permainan.

Asal Game

Olahraga bulutangkis memiliki asal-usulnya dalam peradaban kuno di Eropa dan Asia. Permainan kuno dikenal sebagai penggilas adonan (kelelawar atau dayung) dan shuttlecock mungkin berasal lebih dari 2000 tahun yang lalu.

Pada 1600-an dan Kok penggilas adonan adalah hobi kelas atas di Inggris dan banyak negara Eropa. Penggilas adonan dan Kok hanya dua orang memukul sebuah kok mundur dan maju dengan tongkat sederhana sebanyak yang mereka bisa tanpa membiarkannya menyentuh tanah.

Bulutangkis Kontemporer

Suatu bentuk kontemporer dari bulutangkis – sebuah permainan yang disebut ‘Poon’, telah diputar di India pada 1800-an di mana jala diperkenalkan dan pemain memukul shuttlecock di net. perwira Inggris di pertengahan 1800-an mengambil permainan ini kembali ke Inggris dan diperkenalkan sebagai permainan untuk para tamu dari Duke of Beaufort di rumah megah nya ‘Bulutangkis’ di Gloucestershire, Inggris di mana ia menjadi populer.

Pada bulan Maret 1898, Turnamen Terbuka pertama diadakan di Guildford yang ‘pertama Kejuaraan All England’ diselenggarakan tahun berikutnya. Denmark, Amerika Serikat dan Kanada menjadi pengikut bernafsu permainan selama tahun 1930-an.

Didirikan pada tahun 1934 IBF

Kemudian pada tahun 1934, Federasi Bulutangkis Internasional dibentuk, dengan anggota awal termasuk Inggris, Wales, Irlandia, Skotlandia, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru dan Perancis, dengan India bergabung sebagai afiliasi pada 1936.

Turnamen besar pertama IBF adalah Thomas Cup (kejuaraan dunia tim pria) pada tahun 1948. Sejak itu, jumlah peristiwa dunia telah meningkat dengan penambahan Piala Uber (tim wanita), Kejuaraan Dunia (peristiwa individu), Piala Sudirman (tim campuran), Kejuaraan Dunia Junior dan World Grand Prix Finals.

Commonwealth Games Olahraga – 1966

Bulutangkis diperkenalkan sebagai program olahraga Commonwealth Games di Kingston Jamaika pada tahun 1966 dan telah menjadi bagian dari setiap program Commonwealth Games sejak saat itu. Awalnya kelima disiplin ilmu termasuk – single (pria, wanita), ganda (laki-laki, perempuan) dan ganda campuran dengan Tim Event termasuk dalam program di kemudian Commonwealth Games.

Olimpiade Olahraga – 1992

Bulutangkis adalah Olympic Games olahraga yang relatif baru. Setelah olahraga demonstrasi di Munich pada tahun 1972, bulutangkis menjadi olahraga Olimpiade di Barcelona pada tahun 1992 dengan single dan ganda disiplin diperkenalkan untuk pertama kalinya di Olimpiade. Dalam Atlanta tahun 1996, sebuah acara ganda campuran dimasukkan dan ini adalah satu-satunya ganda campuran peristiwa dalam semua olahraga Olimpiade.

Hanya lima negara telah memenangkan medali emas sejak diperkenalkan pada tahun 1992 – Cina (8), Indonesia (5) dan Korea (5) dan Denmark (1).

Susi Susanti dari Indonesia memenangkan tunggal putri di Barcelona, menjadi peraih medali pertama Indonesia dalam 40 tahun Indonesia telah berkompetisi di Asian Games. Dalam Olimpiade yang sama, Alan Budi Kusama memenangkan medali emas kedua Indonesia dalam bulutangkis tunggal pria.

About these ads
Categories: Sejarah
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: